Rabu, 19 Juni 2019

Apa yang menyebabkan lidah putih?



 Lidah putih adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan area lidah yang memiliki lapisan putih keabu-abuan. Seluruh lidah mungkin dilapisi, atau lapisan mungkin muncul di tambalan.
Ada beberapa alasan berbeda untuk lidah putih, dan masing-masing memiliki perawatan khusus. Lidah putih biasanya merupakan gejala yang tidak berbahaya tetapi, dalam kasus yang jarang, itu dapat menunjukkan kondisi serius.
Pada artikel ini, kita melihat penyebab umum dari lidah putih dan pengobatan rumahan untuk menghilangkan masalah.

Penyebab
Penyebab paling umum dari lidah putih adalah kebersihan mulut yang buruk. Benjolan kecil di lidah yang disebut papila dapat mulai membengkak dan meradang di mulut yang tidak dirawat dengan baik.
Banyak kuman, puing-puing, partikel makanan, dan sel-sel mati bisa tersangkut di antara papila ini. Ini menyebabkan lidah tampak putih saat partikel terbentuk.
Masalah mulut dan kebersihan yang dapat menyebabkan lidah putih termasuk:
mulut kering disebabkan oleh pernapasan mulut atau tidur dengan mulut terbuka
tidak menyikat atau membersihkan gigi dengan benar
tidak membersihkan lidah
dehidrasi
iritasi dari tepi tajam di dalam mulut, seperti gigi, kawat gigi, atau gigi palsu
konsumsi alkohol biasa
merokok, mengunyah, atau mencelupkan tembakau
Kebersihan mulut dasar sangat penting untuk semua orang, tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan lidah putih bahkan pada orang yang sangat menjaga mulut mereka. Ini termasuk:


Lichen planus oral
Lichen planus oral adalah suatu kondisi peradangan yang dapat memengaruhi mulut dan menyebabkan bercak-bercak putih yang tebal muncul di mulut dan lidah.
Bercak putih ini dapat muncul bersamaan dengan gejala lainnya, termasuk bisul atau pipi dan gusi yang menyakitkan.

Leukoplakia
Leukoplakia menyebabkan bercak putih tebal terbentuk di lidah dan mulut. Leukoplakia biasanya disebabkan oleh iritan seperti tembakau dan alkohol, tetapi juga dapat disebabkan oleh kondisi peradangan dan iritasi dari gigi palsu.
Bercak yang disebabkan leukoplakia itu sendiri tidak berbahaya. Kasus yang jarang dapat memiliki komplikasi serius, jadi dokter harus selalu mendiagnosis leukoplakia.

Sariawan oral
Oral thrush adalah salah satu kondisi yang dapat menyebabkan lidah tampak putih. Sariawan oral adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh ragi Candida .
Oral thrush menyebabkan bercak berkembang di mulut dan di lidah. Bercak ini biasanya memiliki warna putih atau off-putih dan mungkin memiliki rasa yang tidak menyenangkan.
Sariawan oral juga bisa terasa sakit, terutama saat makan atau minum.
Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah mungkin lebih mungkin untuk mengembangkan oral thrush. Ini termasuk orang-orang yang baru saja menggunakan antibiotik atau menjalani kemoterapi . Kebersihan mulut yang buruk atau memakai gigi palsu yang tidak pas adalah faktor risiko lainnya.
Sariawan oral dapat disebabkan oleh penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk asma . Kondisi tertentu juga meningkatkan risiko infeksi, termasuk diabetes .

Sipilis
Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum dikenal yang dapat menyebabkan gejala di mulut.
Sifilis yang tidak diobati dapat menyebabkan bercak putih muncul di lidah dan luka di mulut. Sifilis membutuhkan perawatan medis.

Kondisi lain
Kondisi yang lebih jarang tetapi terkadang serius dapat menyebabkan bercak putih di lidah.
Kanker mulut atau lidah dapat menyebabkan lidah putih, dan kondisi mulut lainnya juga dapat memperburuk gejalanya.
Gangguan peradangan kronis yang mendasari dapat mempengaruhi lidah putih juga.

Kapan harus ke dokter
Sebagian besar penampilan lidah putih akan jelas dengan mudah, meskipun hal ini tidak selalu terjadi.
Jika gejalanya tidak menanggapi perawatan mulut dasar atau dialami bersamaan dengan gejala lainnya, seseorang harus berbicara dengan dokter.




Pengobatan
Lidah putih yang disebabkan oleh gangguan tertentu mungkin memerlukan perawatan medis khusus.
Oral thrush diobati dengan obat-obatan antijamur, kemungkinan besar dalam bentuk tetes oral, selama 1 hingga 2 minggu sampai telah berjalan dengan sendirinya.
Lichen planus oral diobati dengan kortikosteroid jika parah, tetapi dalam banyak kasus, itu hanya dipantau oleh dokter atau dokter gigi.

Leukoplakia juga akan dipantau oleh profesional kesehatan untuk memastikan tidak semakin parah.
Sifilis diobati dengan antibiotik penisilin yang membunuh bakteri penyebab penyakit tersebut. Mengurangi iritasi di mulut, seperti alkohol dan tembakau, dapat membantu membersihkan bercak putih.

Solusi rumah
Beberapa pengobatan dan kebiasaan di rumah juga dapat membantu menghilangkan lidah putih.

Probiotik
Probiotik adalah cara lain untuk memengaruhi gejala oral seperti lidah putih. Probiotik adalah jenis bakteri yang baik untuk sistem pencernaan.
Sementara banyak penelitian tentang probiotik berfokus pada peningkatan kesehatan usus, probiotik juga dapat membantu untuk mulut dan lidah.
Sebuah ulasan dalam European Journal of Dentistry mencatat bahwa bakteri probiotik dapat menempati mulut dan usus. Dalam beberapa kasus, bakteri ini dapat membantu melawan ragi infeksi dan jenis bakteri jahat lainnya.
Sementara bukti tidak konklusif, probiotik masih dapat membantu menyeimbangkan lingkungan di mulut dan menghindari lidah putih.
Berbagai probiotik tersedia untuk pembelian online .

Lulur soda kue
Menambahkan baking grade food grade ke sikat gigi dan menggosok lidah, gigi, dan gusi dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan lidah putih.

Satu studi menemukan bahwa baking soda membunuh bakteri berbahaya yang umumnya menyebabkan infeksi di mulut, seperti Streptococcus dan Candida .

Bawang putih mentah
Makan bawang putih mentah dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh Candida . Penelitian mencatat bahwa senyawa dalam bawang putih yang disebut allicin efektif dalam memerangi strain berbahaya Candida albicans .
Orang bisa makan satu siung bawang putih mentah setiap hari atau memotongnya dan memakannya dengan sedikit minyak zaitun untuk mengurangi risiko lidah putih.

Menggaruk lidah
Mengerik lidah dengan lembut dari belakang ke depan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri dan kotoran yang mengendap di mulut.
Banyak perusahaan membuat alat khusus untuk pengikisan lidah, tersedia untuk pembelian online . Namun, ujung sendok dapat digunakan dengan mudah.

Pencegahan
Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghindari lidah putih, kebersihan mulut dasar dapat membantu mencegah banyak kasus. Ini termasuk menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi setidaknya sekali sehari.
Banyak orang juga mendapat manfaat dari menggunakan scraper lidah setiap hari atau menyikat lidah dengan sikat gigi.
Pilihan gaya hidup juga dapat membantu mencegah lidah putih sesekali. Menghindari produk tembakau dan minuman beralkohol dapat membantu, serta makan makanan yang bervariasi dan bergizi.
Pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan untuk pemeriksaan akan membantu menjaga mulut sebersih mungkin. Orang-orang harus melaporkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan kepada dokter untuk diagnosa dan perawatan yang tepat.

Baca juga : obat ejakulasi dini

Pandangan
Prospek untuk lidah putih biasanya sangat baik. Dalam banyak kasus, itu tidak berbahaya, bahkan jika mungkin sulit untuk dilihat.
Gejala mungkin tidak selalu berespons terhadap peningkatan kebersihan atau pilihan gaya hidup segera, tetapi peningkatan kesehatan mulut disarankan bagi siapa saja dengan lidah putih.
Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah putih adalah indikasi kondisi mendasar yang serius. Mengikuti rencana perawatan yang ditetapkan oleh dokter adalah cara terbaik meredakan gejala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar